America Field Study (AFS) dan Kennedy-Lugar Youth Exchange Study (YES)

Afslogo YES

Mau tau rasanya tinggal di luar negeri? Sekolah di luar negeri? Amerika, Jepang, Prancis, Belanda, India? Tapikan mahal, tapi, tapi, tapi… Ah kata siapa!

Di zaman sekarang ini, pergi ke luar negeri, atau bahkan tinggal dan bersekolah di luar negeri sudah tidak susah lagi. Banyak lembaga yang menyediakan beasiswa baik untuk kalian yang mau berkuliah di luar negeri ataupun sekedar pertukaran pelajar. Student exchange ini membawa banyak manfaat lho buat kalian, diantaranya kalian bakal dapet teman baru, belajar bahasa asing baru, belajar budaya baru, bahkan mengalami kehidupan dengan cara yang baru. Kalian akan menjadi lebih mandiri, bertanggung jawab, disiplin, dan dapat beradaptasi lebih mudah dengan budaya baru. Semua itu akan bermanfaat untuk kehidupan kalian nanti!

Di Indonesia sendiri, beasiswa pertukaran pelajar yang paling terkenal di kalangan remaja Indonesia adalah America Field Study (AFS) dan Kennedy-Lugar Youth Exchange Study (YES). Lembaga nirlaba non-pemerintah yang menyediakan kedua beasiswa ini di Indonesia bernama Bina Antarbudaya. Bina Antarbudaya ini sendiri didirikan pada tanggal 2 Mei 1985. Banyak lho tokoh terkenal di Indonesia yang termasuk alumni Bina Antarbudaya, diantaranya Taufiq Ismail, Anies Baswedan, Mario Teguh, Joko Anwar, Indra Herlambang, Najwa Shihab dan masih banyak lagi!

Beasiswa Bina Antarbudaya ini merupakan kesempatan sekali seumur hidup lho! Kesempatan ini diperuntukkan hanya untuk teman-teman yang berada di kelas X. Kalian akan tinggal di luar negeri selama kurang lebih sepuluh bulan. So, for the 10th grade students, this is your only chance in a lifetime to go abroad, be America’s, French’s, Netherland’s or wherever you wanna go Senior High School student and be one of Bina Antarbudaya’s returnee!

Sebagai siswa pertukaran budaya AFS, kalian akan mempunyai keluarga angkat yang akan menerima, memberi dukungan, dan merawat kalian layaknya seperti keluarga sendiri. Kalian juga bakal pergi ke sekolah setempat dan merasakan lingkungan dan metode belajar yang berbeda dari Indonesia. Kalian juga bisa terlibat dengan kegiatan baik di lingkungan AFS maupun masyakarakat sekitar. Coba kalian bayangkan bila kalian mendapatkan pengalaman seperti itu. Pengalaman yang luar biasa bukan?

Pendaftaran dan seleksi awal untuk AFS dan YES diadakan berbarengan. Pendaftarannya akan dimulai sekitar bulan Maret setiap tahunnya. Nanti kalian akan melewati 3 tahap seleksi. dan  penyisihan dilakukan secara berkala. Tes tahap I: tes tertulis pengetahuan umum, bahasa Inggris, dan essai. Lalu tes tahap II: wawancara, dan tahap III: dinamika kelompok, dan keterampilan.

Ini dia nih negara-negara tujuan AFS: Jepang, Belgia, Brazil, Cina, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Hongaria, Islandia, Italia, Meksiko, Belanda, Norwegia, Filipina, Swedia, Swiss, Thailand, Turki, dan Amerika. Sedangkan kalau YES hanya Amerika saja, karena program YES merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Amerika kepada siswa SMA atau sederajat. Sounds interesting, right? So, what are you waiting for? Save the date and don’t miss it guys! You will never know if you never try. For more info please visit: http://www.bina-antarbudaya.info/

Daaan untuk kakak kakak kelas dua belas dan teman teman kelas sebelas jangan bersedih bagi yang melewatkan kesempatan AFS. Yang kelas sebelas sambil berpikir mau ambil jurusan apa dan dimana, dan yang kelas dua belas sambil cari cari mau daftar kuliah dimana. Banyak juga beasiswa untuk kuliah di luar negeri! Mulai beasiswa dari kedutaan besar hingga lembaga-lembaga non-pemerintah. Salah satu kedutaan besar yang menyediakan beasiswa adalah Jepang. Beasiswa ini diperuntukan bagi siswa siswi lulusan SMA atau sederajat yang ingin melanjutkan S1,D3, dan D2. Untuk beasiswa ini, para pelamar akan melewati seleksi berkas, tertulis, wawancara, dan seleksi internasional antar negara. Biasanya, kalian dapat mendaftarkan beasiswa sekitar bulan Maret, cek terus website kedutaan besar jepang: www.id.emb-japan.go.jp Semangat!

 Untuk beasiswa tujuan negara lain, kalian bisa cari cari di info di internet! Karna terkadang ke-kepo-an dan ke-iseng-an akan membuahkan hasil yang manis (kadang pait sih kalo keponya timeline mantan). Yang terpenting kita harus tetap bekerja keras, percaya sama mimpi-mimpi kita. Langkah awal adalah kita harus percaya sama mimpi-mimpi kita sendiri sembari berusaha mewujudkannya, kalau bukan kita siapa lagi? Orang lain akan sibuk mempercayai dan mengejar mimpi-mimpi mereka sendiri. So, believe in yourself, believe in your dreams, hard work, and do your best! Because your hard work will not pay off today or tomorrow, but it WILL eventually be paid off. Someday. And do not forget to keep surfing the internet and keep checking the website! Because you don’t wanna miss the date, right? (lon)