BIG CAMP 2019

1

Big camp atau kemah besar dan alih golongan merupakan acara tahunan pramuka yang dilaksanakan oleh dewan ambalan yang menjabat dan diikuti oleh peserta didik baru. Kegiatan ini ditujukan untuk melatih dan meningkatkan jiwa kepemimpinan, rasa tanggung jawab, jiwa korsa, dan rasa persatuan, serta bertujuan untuk meningkatkan golongan bagi peserta didik yang semula penggalang menjadi penegak.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kemah besar SMA Negeri 7 Purworejo tahun  2019 diikuti oleh seluruh peserta didik baru kelas X dan TMB. Terdapat 16 sangga putra dan 22 sangga putri kelas X serta 1 sangga putra dan 1 sangga putri TMB yang mengikuti kemah besar ini. Kemah besar dilakukan selama 3 hari dan berisikan rangkaian kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat.

Pada hari pertama 29 Agustus 2019 pukul 12.00 dimulai dengan acara registrasi peserta dan pembagian tenda. Dilanjutkan dengan kegiatan wide game, upacara pembukaan, pendirian tenda kemudian diisi oleh pembicara dari UBALOKA di wisma budaya dilanjutkan apel malam dan istirahat di tenda masing-masing.

Hari kedua 30 Agustus 2019, diawali dengan kegiatan ibadah bagi yang muslim yaitu salat tahajud dan salat subuh dilanjutkan senam refleksi, sarapan pagi dan upacara alih golongan di Sungai Bogowonto. Upacara alih golongan memiliki filosofi tersendiri, menyeberang sungai memiliki arti bahwa kita akan melewati berbagai rintangan dalam meraih sesuatu, dan air dipilih sebagai medianya karena air meupakan sumber kehidupan. Setelah kembali ke sekolah, diadakan lomba membuat nasi goreng yang diikuti seluruh sangga. Kegiatan malam hari yaitu upacara api unggun dan penampilan pensi dari peserta sesuai kelas masing-masing. Upacara api unggun berlangsung khidmat dan sakral, dihadiri oleh Kak Nikmah Nurbaity dan seluruh pembina pramuka.

Hari ketiga 31 Agustus 2019, adalah hari terakhir pelaksanaan kemah besar. Kegiatan diawali dengan ibadah, senam refleksi, upacara dan dilanjutkan pembongkaran tenda. Setelah itu peserta dan dewan ambalan masuk ke wisma budaya untuk melaksanakan kegiatan sayonara. Dewan ambalan masa jabatan 2018/2019 yang menemani peserta selama kemah berpamitan karena ini merupakan kegiatan terakhir masa jabatan mereka. Kegiatan kemah diakhiri dengan upacara penutupan.