DIKSAR XXI “SEARCH AND RESCUE”

palas

Okeee, hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, yaitu Diksar Lapangan! Pembukaan Diksar Lapangan dimulai dengan upacara di lapangan basket SMA Negeri 7 Purworejo, doa bersama, dan tentunya foto bersama dulu, hehe. Sejumlah 18 peserta berangkat ke medan tempur pukul 08.00 WIB menaiki truk Satpol PP, tapi mereka bukan kena razia ya, haha. Peserta sampai di Bruno sekitar pukul 10.00 W I B , dan langsung di beriucapan “Welcome to the Jungle, selamat mencicipi dunia kepecintaalaman!”. Mereka memulai hari pertama dari camp induk di SMP Negeri 21 Purworejo, long march sampai puncak Gunung Sigendol, lalu memulai narvrat untuk menentukan titik tujuan mereka. Sore harinya, peserta sampai di tempat camp di lereng Wayang Lor. Mereka bermalam dalam bivac buatan mereka sendiri, bersama dengan teman seperjuangan mereka, saling melindungi dan menolong.

Perjalanan dilanjutkan pada hari kedua, pagi setelah beres-beres mereka menuju titik selanjutnya di puncak Wayang Lor, setelah sarapan dan pemanasan, kegiatan SAR (Search and Rescue) pun dimulai. Mereka bersandiwara seolah sedang mencari korban dengan hanya dibekali seperangkat alat navrat (peta, kompas, protaktor), marker, dan barang-barang korban yang tersebar di sepanjang perjalanan. Hari kedua diakhiri dengan kegiatan rapling di tebing.

Tapi ternyata, setelah turun dari truk dan mengambil barang, seluruh peserta dibawa ke bawah pohon trembesi, dan ternyata di sana telah disiapkan upacara pelantikan oleh panitia!! Peserta dilantik satu persatu, berjalan maju menghormati dan mencium Sang Saka Merah Putih dan bendera Palasmega, lalu disiram dengan air bunga dan dikalungi dengan slayer bertuliskan “PALASMEGA ANGKATAN XXI” oleh pembina Palasmega, Bapak Anang Waluyo. Seluruh panitia dan senior bersama menyanyikan lagu syukur sebagai wujud syukur. Rasa lelah dan kesal terbayarkan dengan perasaan haru, bangga, terkejut, dan tentunya sangat bahagia dengan pelantikan ini. Ternyata perjuangan kami selama 3 hari ini tidak sia- sia.Congratulation and welcome to our big family, Anggota Muda Palasmega XXI!