GLADI WIDYA CAKRA NEGARA

IMG-20180428-WA0017

Gladi Widya Cakra Negara dilaksanakan selama 5 tahun sekali oleh Kwarcab Purworejo. Dalam rangka pemerataan tempat pelaksanaan, di tahun 2018 SMA Negeri 7 Purworejo  menjadi tuan rumah dari kegiatan kepramukaan, yaitu Gladi Widya Cakra Negara.

Kegiataan ini dilaksanakan selama 2 hari 1 malam, yaitu pada tanggal 17-18 Maret 2018 di lapangan SMA Negeri 7 Purworejo. Peserta dari kegiatan kepramukaan tersebut, yaitu gugus depan dari beberapa SMA/SMK Sederajat Kabupaten Purworejo. Selain itu, panitia dari kegiatan Gladi Widya Cakra Negara, yaitu Dewan Kerja Cabang Purworejo. Setiap gugus depan diperbolehkan untuk mengirim satu atau dua sangga baik putra maupun putri dan setiap sangga terdiri atas delapan peserta.

Gugus depan SMA Negeri 7 Purworejo mengirim dua sangga, yaitu putra dan putri. Untuk sangga putra, terdiri atas Lulud Kholiludin (X MIPA 5), Galih Setiawan (X MIPA 6), Agus Arif Jatmiko (XI MIPA 4), Ali Murti Nurfatah (XI MIPA 4), Imana Tsaqif Ariyadi (XI MIPA 4), Rino Surya Nugraha (XI MIPA 4), Khafid Alvian Rosyadi (XI IIS 2), dan Agustinus Ganang Wijaya (XI IIS 2). Untuk sangga putri, terdiri atas Hanifah Rofifah (XI MIPA 2), Rahmah Desfitria (XI MIPA 2), Anisa Ariadna (XI MIPA 3), Anggi Ristikawati (XI MIPA 4), Wiji Astuti (XI MIPA 5), Alvi Karomah (XI IBB), Siti Fadhila (XI IBB), dan Thalita Intan Nareswari (XI IBB).

Rangkaian kegiatan pada tanggal 17 Maret 2018, diawali registrasi peserta Gladi Widya Cakra Negara. Seusai registrasi, para peserta mendirikan tenda masing-masing di lapangan SMA Negeri 7 Purworejo. Tepat pada pukul 09.00 WIB, upacara pembukaan kegiatan Gladi Widya Cakra Negara dilaksanakan. Pembina dari upacara pembukaan tersebut, yaitu Bapak Soekoso DM selaku Wakil Ketua Bidang Binamuda Kwartir Cabang Purworejo. Seusai upacara pembukaan, lomba-lomba dari kegiatan Gladi Widya Cakra Negara pun diselenggarakan. Yang pertama Lomba Cerdas Cermat, yaitu perlombaan mengenai ilmu dan pengetahuan dari kepramukaan, serta ilmu pengetahuan umum. Yang kedua, Lomba  Iklan Layanan Masyarakat yaitu memberikan sedikit informasi mengenai suatu hal kepada masyarakat selama 30 detik dalam waktu satu hari. Pada Lomba Iklan Layanan Masyarakat, tema dari hal yang akan disampaikan di masyarakat sudah ditentukan pada saat registrasi dengan pengambilan undian, tema-tema dari lomba tersebut seperti sosial, budaya, politik, satwa, alam, dan sebagainya. Tak terasa waktu pun berjalan begitu cepat, sekitar pukul 16.00 WIB Ishoma untuk para peserta lomba. Setelah itu, dilanjutkan dengan lomba News Presenter dan Karya Cipta Pramuka. Untuk mata lomba yang ketiga News Presenter, yaitu peserta dari lomba Gladi Widya Cakra Negara membacakan sedikit berita dengan bahasa Inggris. Lalu, mata lomba keempat Karya Cipta Puisi, yaitu perlombaan yang berguna untuk menunjang kegiatan kepramukaan. Dalam mata lomba tersebut, peserta dari Gladi Widya Cakra Negara membuat karya cipta di gugus depan masing-masing. Setelah itu, sekitar pukul 18.00 sampai 19.00 WIB para peserta Gladi Widya Cakra Negara menjalankan Ishoma. Seusai Ishoma, dilaksanakanlah lomba Ngadisalira Ngadibusana, yaitu perlombaan pada satu gugus depan mengajukan satu anak dari sangga putra dan satu anak dari sangga putri juga untuk dijadikan sebagai pasangan yang memperagakan pakaian adat Solo atau Yogyakarta dengan jalan yang anggun di atas karpet merah. Perlombaan Ngadisalira Ngadibusana dilakukan di Gedung Krida Tanjung SMA Negeri 7 Purworejo. Di waktu yang bersamaan pula, di kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Purworejo diselenggarakan final dari Lomba Cerdas Cermat tentang pengetahuan kepramukaan. Setelah kedua mata lomba tersebut terlaksana, semua peserta Gladi Widya Cakra Negara diperkenankan untuk istirahat.

Di hari terakhir, yaitu pada Minggu, 18 Maret 2018 berbagai perlombaan dari kegiatan Gladi Widya Cakra Negara belum usai. Pada mata lomba Karya Cipta Pramuka dilanjutkan untuk memberi kesempatan kepada para peserta yang di hari sebelumnya belum mendapatkan waktu untuk mempresentasikan hasil karyanya. Selain melanjutkan lomba Karya Cipta Pramuka, diselenggarakan juga lomba Scouting Skill dengan mengirimkan empat peserta kegiatan tersebut untuk setiap sangga. Pada Scouting Skill terdapat lomba-lomba kecil, seperti tali-menali, pioneering, sandi morse, sandi semaphore, sandi logika, dan peta pita yang dirangkai menjadi peta perjalanan. Sedangkan untuk peserta lomba Gladi Widya Cakra Negara yang tidak mengikuti lomba Scouting Skill,  diwajibkan untuk mengikuti kegiatan outbond dan wide game, serta sosialisasi di beberapa kelas SMA Negeri 7 Purworejo.

Runtutan kegiatan dari Gladi Widya Cakra Negara pun selesai. Pada pukul 15.00 WIB upacara penutupan pun berlangsung, sekaligus penyerahan kejuaran dari berbagai mata lomba yang diperlombakan di kegiatan Gladi Widya Cakra Negara. Teman-teman dari sekolah kebanggaan kita pun berhasil memborong piala-piala kejuaraan, seperti Iklan Layanan Masyarakat untuk sangga putra memperoleh juara 3, News Presenter untuk sangga putri memperoleh juara 2, Scouting Skill untuk sangga putri berhasil memperoleh juara 2, dan Karya Cipta Pramuka untuk sangga putri berhasil membawa pulang juara 2. Pada sekitar pukul 15.45 WIB seluruh peserta kegiatan Gladi Widya Cakra Negara membongkar tenda dan diteruskan dengan kembali ke rumah masing-masing.

Begitulah sedikit kegiatan Gladi Widya Cakra Negara yang berlangsung di SMA Negeri 7 Purworejo dengan teman-teman terbaik kita, mampu membawa pulang banyak prestasi. Sampai jumpa di Gladi Widya Cakra Negara di waktu mendatang.

11 thoughts on “GLADI WIDYA CAKRA NEGARA

  1. I simply want to tell you that I’m very new to blogging and really loved this web site. More than likely I’m likely to bookmark your website . You certainly come with perfect articles. Cheers for sharing with us your web site.

  2. Kurye olarak hizmet veren kişiler, bulundukları lokasyondaki her adrese en kısa sürede ulaşma yolunu bilirler. Üstelik verilen bu görevi hava, trafik ve buna benzer diğer olumsuz şartlardan etkilenmeden yerine getirirler. Yani iş hayatı başta olmak üzere hayatın hemen her alanında önemli görevleri üstlenebilir ve başarıyla yerine getirebilirler. Özellikle büyük şehirlerdeki trafik kaosu ve adres konusundaki karmaşa göze alınırsa, kurye hizmetlerinden faydalanmanın bazı durumlarda zorunlu hale geleceği anlaşılabilir. Örneğin İstanbul’un bir noktasından diğer bir noktasına acil şekilde önemli bir evrak ulaştırmak gerektiğinde ya da hastanızın ihtiyacı olan ilacı acil ve güvenli bir şekilde ulaştırmak gerektiğinde, İstanbul moto kurye hizmetimizden faydalanarak sorununuza çözüm üretebilirsiniz.

Leave a Reply

Your email address will not be published.