17

 “Latihan Dasar Kepemimpinan” bagi siswa calon pengurus OSIS dan MPK merupakan salah satu jalur pembinaan generasi muda yang difokuskan pada kompetensi individu dimana kader-kader penerus bangsa bukan hanya sebagai slogan “Pemuda Harapan Bangsa” tetapi juga sebagai pelopor yang meluruskan cita-cita bangsa Indonesia. Calon pengurus OSIS/MPK dilatih untuk menjadi pemimpin di lingkup yang kecil dimulai dari sekolah dan diharapkan mampu memimpin dalam lingkup yang lebih besar dikemudian hari.

Jenis kegiatan yang dillaksanakan melliputi :

  1. Sesi yang terdiri dari sesi kepemimpinan, ke-organisasian, komunikasi,   teknologi, motivasidiri
  2. Kegiatan bela Negara
  3. Ke-OSISan
  4. Outbond dan Refreshing
  5. Ramah tamah dengan alumni OSIS/MPK

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan yang dilaksanakan pada hari Jumat s/d Minggu tanggal 22 s/d 24 Agustus 2014 merupakan agenda penting dalam rangka re-organisasi pengurus OSIS dan MPK SMAN 7 Purworejo. Kegiatan dimulai dengan registrasi peserta LDK pada hari Jumat tanggal 22 Agustus 2014. Peserta LDK mendaftarkan diri masing-masing dan segera mempersiapkan upacara pembukaan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS MPK Masa Bakti 2014/2015. Upacara pembukaan dimulai pada pukul 13.30 WIB bertempat di ruang satu SMA N 7 Purworejo. Upacara pembukaan dipimpin oleh Bp. Padmo Sukoco, M.Pd dan dihadiri oleh seluruh pembina OSIS. Kegiatan selanjutnya adalah team work oleh peserta LDK dilanjutkan dengan sesi “Kepribadian dan Kepemimpinan’’ dan beberapa sesi lainnya. Pada malam hari sekitar pukul 21.10 peserta belajar bersama kemudian dilanjutkan apel malam untuk menutup kegiatan pada hari pertama LDK.

Hari kedua dimulai pukul 04.00, para peserta mempersiapkan diri untuk KBM dan kegiatan selanjutnya. Pada siang hari setelah KBM usai, peserta LDK kembali mengikuti beberapa sesi yang sudah dijadwalkan. Sesi terakhir adalah malam keakraban dengan alumni OSIS/MPK. Dalam acara ini para peserta mendapat kesempatan untuk saling berbagi pengalaman dengan kakak-kakak OSIS yang terdahulu.

Pada hari terakhir LDK, para siswa mendapatkan pembinaan jasmani, pelatihan TUB PBB, dan outbond yang dilakukan di 412. Kegiatan outbond bertujuan untuk melatih kerjasama dan kekompakan antar pengurus OSIS/MPK. Kekompakan sangat diperlukan dalam sebuah organisasi. Selain kekompakan juga dibutuhkan kepercayaan, kerjasama dan dedikasi untuk mengabdi dalam organisasi. Setelah kegiatan outbond usai, peserta melakukan upacara penutupan Latihan Dasar Kepemimpinan yang dimulai pukul 14.45 di ruang satu. Penutupan dipimpin oleh Dra. Setyo Mulyaningsih selaku waka kesiswaan. Setelah itu, para pengurus OSIS dan MPK yang baru maupun lama mengenang “The Best Moment” bersama. The best moment adalah saat paling mengharukan diantara seluruh pengurus OSIS MPK lama maupun baru. Mengingat kebersamaan yang dijalani dalam sebuah organisasi membuat air mata menetes. Ada banyak kenangan yang dilalui saat bersama. Ada banyak tawa, tangis, suka, duka selama berorganisasi. Semua dilewati bersama. Kesempatan berorganisasi dan mendapat keluarga terbaik di sekolah adalah hal yang berharga. Kepercayaan yang diberikan untuk mengabdi merupakan tanggung jawab yang harus dijalani. Selamat pada pengurus OSIS/MPK yang baru. Terus berkarya terbangkan almamatermu! SMA 7, JAYAAAA !! (thali_a)