LDK OSIS/MPK

1“Latihan Dasar Kepemimpinan” bagi siswa pengurus OSIS dan MPK merupakan salah satu jalur pembinaan generasi muda yang difokuskan pada kompetensi individu dimana kader-kader penerus bangsa bukan hanya sebagai slogan “Pemuda Harapan Bangsa” tetapi juga sebagai pelopor yang meluruskan cita-cita bangsa Indonesia.

Jenis kegiatan yang dillaksanakan melliputi :

1. Sesi yang terdiri dari sesi kepemimpinan, ke-organisasian,    komunikasi,   teknologi, motivasi diri
2. Kegiatan bela Negara
3. Ke-OSIS-an
4. Outbond dan Refreshing
5. Ramah tamah dengan alumni

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan yang dilaksanakan pada hari Jumat-Minggu tanggal 23-25 Agustus 2013 merupakan agenda penting dalam rangka re-organisasi pengurus OSIS dan MPK SMAN 7 Purworejo. Kegiatan LDK yang dipegang oleh pengurus OSIS MPK kelas XII yang akan segera purna tugas merupakan salah satu cara untuk melatih calon pengurus OSIS MPK yang baru.

Kegiatan ini dimulai dengan registrasi peserta LDK pada hari Jumat tanggal 23 Agustus 2013. Para peserta LDK mendaftarkan diri masing-masing dan segera mempersiapkan upacara pembukaan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS MPK Masa Bakti 2013/2014. Upacara pembukaan tersebut dimulai pada pukul 13.00 WIB bertempat di ruang satu SMA N 7 Purworejo. Upacara pembukaan tersebut dipimpin oleh Bp. Suyoto S.Pd selaku waka kesiswaan SMA N 7 Purworejo. Kegiatan selanjutnya adalah team work oleh peserta LDK dilanjutkan dengan sesi “Kepribadian dan Kepemimpinan”, sesi “Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara”, dan sesi “Manajemen OSIS dan MPK”. Pada malam hari sekitar pukul 21.20 para peserta mendapat nutrisi otak kemudian dilanjutkan apel malam untuk menutup kegiatan pada hari pertama LDK.

Hari kedua dimulai pukul 04.00, para peserta mempersiapkan untuk KBM dan kegiatan selanjutnya. Pada siang hari setelah KBM usai, peserta LDK mengikuti sesi “Komunikasi Bahasa Inggris”, sesi “Olimpiade dan KIR”, sesi “Teknologi Informasi” dan sesi malam keakraban dengan alumni.

Pada hari terakhir LDK, para siswa mendapatkan pembinaan jasmani, pelatihan TUB dan PBB, dan juga outbond yang dilakukan di Bendungan Boro. Kegiatan outbond bertujuan untuk melatih kerjasama dan kekompakan antar pengurus OSIS. Setelah kegiatan outbond usai, peserta melakukan upacara penutupan Latuhan Dasar Kepemimpinan yang dilaksanakan sekitar pukul 14.15 di ruang satu. Penutupan dipimpin oleh Bp. Suyoto S.Pd selaku waka kesiswaan. Setelah itu, para pengurus OSIS dan MPK yang baru maupun lama mengenang “The Best Moment” bersama.