LDK

LDK

Jumat, 7 September 2018 OSIS/MPK SMA Negeri 7 Purworejo masa bakti 2017/2018 mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDK) siswa bagi Calon Pengurus OSIS/MPK SMA Negeri 7 Purworejo masa bakti 2018/2019 yang diadakan selama 3 hari 2 malam. Dari tanggal 7 September 2018 hingga 9 September 2018  di Lingkungan Sekitar SMA Negeri 7 Purwoejo.

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa/ LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini diberikan oleh Pengurus OSIS/MPK masa bakti 2017/2018 kepada calon Pengurus OSIS/MPK masa bakti 2018/2019. Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS/MPK baru.

LDK biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu LDK Fisik dan LDK Mental. Pemberian materi dari kedua jenis LDK ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda. Untuk LDK Mental, yang menjadi pemberi materi bukanlah lagi para Pengurus OSIS lama melainkan Pembina OSIS, Kepala Sekolah, dan dari Pihak Kepolisian. Sedangkan LDK Fisik meliputi kegiatan Pelatihan Baris Berbaris/PBB. Dalam LDK Fisik ini peserta dituntut untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi. Untuk LDK Mental pada umumnya, materi yang diberikan secara garis besar ialah dalam bentuk penyuluhan mental kepemimpinan. Pemberian materi kepemimpinan yang dibagi dalam beberapa sesi, seperti : sesi bela negara, sesi problem solving, sesi wawasan kebangsaan, sesi wawasan adiwiyata, sesi retorika dan etika berbicara.

Setelah seluruh calon Pengurus OSIS baru mengikuti kedua LDK., sesegera mungkin atau paling lambat 2 minggu setelahnya mereka akan dilantik menjadi Pengurus OSIS resmiPelantikan ini dilakukan oleh Pengurus OSIS lama dan disahkan oleh Kepala Sekolah. Pelantikan dan Pengesahan ini disaksikan oleh seluruh Dewan Guru dan Siswa sekolah yang bersangkutan dan dilaksanakan dalam sebuah upacara besar yaitu Upacara Pelantikan Pengurus OSIS baru Masa Bakti 2018/2019.