Pemantapan Saka

saka

Pada Sabtu pagi 13 Oktober 2018, kegiatan pemantapan dimulai pukul 6 WIB. Peserta maksimal tiba di sekolah pukul 6 pagi langsung daftar ulang di pos satpam yang sudah ada panitia dengan mengumpulkan kado, foto, dan mengisi data diri. Uniknya kado tersebut berisi makanan dengan kewajiban total pembelian harus Rp. 7000. Setelah itu, peserta mendapat pengarahan dari panitia, lalu segera menempati ruang kelas XII IBB dan XII IPS 3, dilanjutkan dengan membersihkan ruangan tersebut. Lalu, peserta diarahkan kembali untuk berkumpul oleh panitia dengan membawa bekal makanan yang dibawanya dari rumah.

Sesi berikutnya ialah makan pagi di ruang makan. Peserta memasuki ruang makan setelah panitia selesai melakukan segala persiapannya. Makan pagi dimulai dengan doa dan salam lalu makan dengan cara table manner. Lalu, setelah selesai makan ditutup dengan doa. Kemudian ada sambutan dari Bapak Nur Setyawan, beliau membahas mengenai tata cara makan yang benar dan lainnya.

Sesudah makan, peserta diarahkan menuju ruang I guna upacara pembukaan, di sana sudah ada ketua OSIS dan ketua MPK serta Bu Nikmah. Setelah upacara pembukaan berlangsung dilanjutkan sesi organisasi oleh Bu Nikmah . Setelah sesi tersebut, peserta diarahkan untuk berganti pakaian (Hijau untuk Pa dan Nila untuk Pi) beserta kelengkapan STP (ABITA dan co card).

Tepat pukul 09.45 WIB, peserta kembali berkumpul dan mendapat arahan dari panitia. 15 menit pengarahan lalu dilanjutkan sesi pelatihan, seperti latian pada hari biasanya, namun kini tempat untuk formas di gazebo-gazebo dan Padus yang di ruang musik bagian luar.

            Akhirnya setelah 2 jam latihan, tibalah ishoma 15 menit. Lalu makan siang. Tata cara makannya sama seperti sarapan pagi, namun kini makanan seluruhnya disediakan oleh panitia. Sehingga peserta dan panitia makan dengan menu dan tempat yang sama.

Setelah itu, peserta kembali diarahkan ke ruang satu untuk mengikuti sesi apresiasi Pak Nur dan alumni, namun saat itu Bapak Nur berhalangan hadir, jadi hanya diisi alumni. Akan tetapi sesi tersebut tetap menjadi khidmat karena sudah mulai tumbuh rasa persaudaraan antara peserta dan alumni.

Tak terasa 2 jam, peserta kembali diarahkan untuk mempersiapkan pensi untuk ditampilkan hari minggu. Waktu cukup 1 jam saja, lalu diakhiri dengan apel sore dan pulang.

Minggu pagi, seperti hari Sabtu datang maksimal pukul 6 dan mendapat pengarahan dari panitia 15 menit. Lalu dilanjutkan dengan senam pagi. Peserta sangat semangat menjalankan senam pagi ini. Lalu peserta ganti baju. Selepas itu peserta makan pagi di ruang makan. Kemudian dilanjutkan persiapan sampai berlangsungnya pensi hingga pukul 09.15. Setelah selesai peserta kembali diarahkan oleh panitia untuk sesi latihan.

 Selepas itu kembali diarahkan oleh panitia untuk mempersiapkan sesi apresiasi diri sendiri dimana tiap peserta akan didampingi 1 panitia untuk wawancara dan konsultasi mengenai dirinya sendiri untuk kedepannya di tempat yang berbeda-beda selama 1 jam. Setelah selesai peserta kembali berkumpul untuk pengarahan panitia untuk sholat zhuhur dilanjutkan makan siang.

Kemudian, peserta berkumpul kembali untuk persiapan wide game dan penciuman bendera. Pada wide game ini peserta berkelompok menuju pos-pos yang telah disediakan dan berada di lingkungan sekolah untuk bermain serta bersenang-senang. Uniknya saat akan penciuman bendera peserta diarahkan satu per satu menuju ke ruang musik yang bertujuan untuk dilangsungkan penciuman bendera dan pembacaan ikrar SAKA.

Berakhirlah sudah, maka diakhiri dengan persiapan pulang, lalu pembekalan terakhir oleh panitia, dan reorganisasi…