MABIT

mabit

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kali ini kita akan mengulas tentang MABIT. MABIT merupakan singkatan dari Malam Bina Iman dan Taqwa. Mabit sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan ROSGRIVEN. Kalian pasti berpikir karena ini acara semacam kegiatan keagamaan pasti acaranya membosankan dan hanya berisi kegiatan keagamaan. Jangan salah dong, justru dengan adanya MABIT ini memberikan kesan dan pengalaman tersendiri bagi yang mengikuti. Meskipun MABIT sebagian besar diisi oleh kegiatan keagamaan, bukan berarti membosankan ya sobat.

Kita bisa lihat tema dari MABIT tahun ini yaitu MINGGAT (Malam sIngkat PenGGiAt Taqwa). Dilihat dari temannya saja, sudah berasa serunya kan? Kegiatan MABIT dimulai dari hari Sabtu, 25 Agustus 2018 dan dilaksanakan selama dua hari satu malam. Pukul 13.00 peserta MABIT yang merupakan perwakilan dari setiap kelas X diwajibkan melakukan registrasi dan dilanjutkan pembukaan acara mabit oleh Bapak Rosyid Anwar. Sebelum memulai serangkaian acara, peseta MABIT ini dibagi menjadi beberapa kelompok, tapi dalam satu kelompok itu tidak boleh ada anggota yang berasal dari satu kelas.

Selepas shalat Ashar, acara berlanjut dengan kegiatan ta’aruf. Ta’aruf di sini tentunya beda dengan arti ta’aruf sebenarnya. Kegiatan ta’aruf ini dilakukan dengan memperkenalkan diri kepada seluruh peserta tentunya diselingi gurauan hingga memasuki waktu shalat Maghrib. Selepas shalat, acara masih berlanjut dengan kegiatan tadarus sembari menunggu waktu shalat Isya’.

Setelah shalat dan beristirahat sejena, para peserta dikumpulkan di ruang 1 untuk melanjutkan acara berikutnya yaitu bedah film. Dijamin acara ini seru banget deh. Sebelum memutar film, lampu di ruang 1 dimatikan kemudian para peserta akan disuguhi camilan. Untuk bedah film kali ini disajikan film dengan judul Bulan Terbelah di Langit Amerika. Acara bedah film selesai sekitar pukul 22.00 dan untuk selanjutnya peserta dapat melepas lelah hingga pukul 03.00.

Di waktu sepertiga malam akhir, peserta mendirikan shalat tahajud dan bertadarus bersama kembali hingga menunggu waktu masuk shalat Subuh. Usai shalat subuh, para peserta akan diberikan kajian yang sangat bermanfaat oleh Bapak Syukron Izazin.

Di waktu-waktu terakhir dari acara MABIT tentunya banyak berisi kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan di hari kedua dimulai dengan istirahat dan bersantai pagi bersama. Kemudian dilanjutkan pada pukul 07.00 dengan kegiatan yang paling asyik yaitu outbond. Outbound ini terdiri dari berbagai pos dan di setiap pos berisi satu permainan. Untuk memulai permainan, setiap kelompok harus menunjukkan yel-yel yang telah dibuat. Sayangnya, kegiatan outbond berakhir pukul 09.00 untuk melanjutkan kegiatan pensi dari setiap kelompok di ruang 1. Kegiatan pensi kali ini sungguh menarik. Peserta mampu menyajikan dengan baik meskipun dengan waktu yang singkat dan dengan teman yang baru dikenal.

Selepas kegiatan pensi, kegiatan yang selanjutnya ialah renungan. Kemudian, sampailah di penghubung acara yakni penutupan sebagai tanda telah berakhirnya acara MABIT pukul 11.15. Setelah seluruh serangkaian acara MABIT telah dilaksanakan, tiba saatnya para peserta kembali ke rumah masing – masing.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.