BUNKASAI & LOMBA BAHASA JEPANG JATENG-DIY 2012

BUNKASAI & LOMBA BAHASA JEPANG JATENG-DIY 2012

 

                  Penyelenggara kegiatan ini adalah guru-guru bahasa Jepang yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jepang Jateng-DIY yang berkolaborasi dengan kepanitiaan dari Guru dan Osis SMAN 7 Purworejo. Sasaran peserta kegiatan lomba adalah siswa SMA, SMK, MA yang ada di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Bapak Drs. Bambang Aryawan, M.M. Masyarakat umum dapat menyaksikan festival budaya. Acara ini diikuti oleh 657 peserta dari SMA/SMK/MA se Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Ini kali pertama diadakan di wilayah Kedu. SMA Negeri 7 Purworejo terpilih menjadi penyelenggara acara ini. Persiapan acara itu dilaksanakan dengan sepenuh tenaga, terlihat dari desain panggung yang luar biasa. Mas Purnomo sang desainer dari tata panggung tersebut. Sederhana tapi sungguh luar biasa.

 

  1. Lomba Bahasa Jepang

Ada empat lomba yang diselenggarakan.

(1) Speech Contest

Lomba pidato dengan durasi max 5 menit tiap peserta. Juara 1 dan 2 akan dikirim ke tingkat nasional. Juara tingkat nasional akan dikirim ke Jepang.

          (2) LCC

Lomba Cerdas Cermat mengenai bahasa Jepang dan  pengetahuan Jepang.

(3) Kana Contest

Lomba menulis huruf Jepang Hiragana dan Katakana.

(4) Kanji Contest

Lomba menulis huruf Kanji.

  1. Bunkasai (Festival Budaya)

            Berupa pengenalan budaya Jepang seperti tarian Jepang, makanan Jepang, origami (seni melipat kertas), dan  lain-lain yang ditampilkan dalam bentuk Expo stand-stand di arena, yang dibuka untuk umum.

 

Hasil perlombaan dari berbagai event itu adalah sebagai berikut:

Juara Lomba Cerdas Cermat diraih oleh SMA N 1 Kendal

Juara Speech Contest diraih oleh SMA Taruna Nusantara Magelang

Juara Kana Contest diraih oleh SMA N 1 Kebumen

Juara Kanji Contest diraih oleh SMA N 1 Kebumen