MOPDB 2014 “Grooming Green Societies”

18

Haloha smansevers! We’re coming back with one important news recently. Here we’ll tell you about MOPDB. Mm, apasih MOPDB itu? Let’s find out!

Kita anak sekolah ~ satu SMA syalalala. Congratulations for you all the new ten grader! Welcome to our beloved smansev! Selamat datang di dunia putih abu-abu yang full of pointless stories. Seneng ya rasanya udah resmi jadi anak SMA. Well, sebelum resmi jadi anak SMA pasti semua udah pernah ikut MOPDB kan? ¾ MOPDB itu apa? MOPDB itu merupakan kepanjangan dari “Masa Orientasi Peserta Didik Baru”. Kalau dulu namanya MOS “Masa Orientasi Siswa”. Kali ini istilahnya sudah beda meskipun sama artinya hehe

MOPDB tahun 2014/2015 bertema “Grooming Green Societies”. OSMANSEV memilih tema tersebut karena tema ini sangat sesuai dengan SMA N 7 Purworejo yang merupakan salah satu sekolah adiwiyata. Grooming Green Societies artinya memelihara komunitas hijau. Dengan tema ini tentunya kita berharap seluruh warga sekolah khususnya siswa baru dapat mendukung dan berkontribusi dalam mewujudkan lingkungan hijau yang dimulai dari sekolah. Beruntung sekali kan kita semua bisa bersekolah di tempat dengan pepohonan rindang yang menyejukkan? Pada dasarnya, lingkungan hijau tidak hanya dominan dengan pepohonan rindang namun juga dengan segala hal yang identik dengan kelestarian alam maupun segala aktivitas manusia yang bersahabat dengan alam seperti membuang sampah pada tempatnya, mendaur ulang barang bekas, dsb.

Kegiatan MOPDB berlangsung selama tiga hari yaitu pada tanggal 14, 15, dan 16 Juli 2014. Meskipun MOPDB dilaksanakan pada bulan Ramadhan, peserta MOPDB tentunya tetap semangat mengikuti rangkaian acara yang bertujuan untuk pengenalan lingkungan sekolah.

Mm, sebagian besar warga sekolah atau bahkan peserta MOPDB mungkin bertanya-tanya tentang MOPDB kali ini. Mengapa tidak ada tas bagor atau pita yang identik dengan siswa baru? ¾ MOPDB pada dasarnya adalah kegiatan pengenalan dan penyesuaian siswa baru dengan lingkungan sekolahnya. Dalam MOPDB dimuat materi tentang bagaimana mereka belajar dan bagaimana lingkungan belajar mereka selama tiga tahun menjadi siswa SMA. Tas bagor, pita atau bahkan segala bentuk “perpeloncoan” yang masih diterapkan di beberapa sekolah dinilai “tidak sesuai” dengan kegiatan MOPDB yang seharusnya menjadikan siswa paham dan mengaplikasikan peraturan yang berkaitan dengan penampian mereka saat bersekolah. Lagipula, bukankah lebih indah dipandang mata jika para siswa baru berpenampilan rapi dengan jam tangan dan tas sekolah yang beraneka ragam? Kita bisa mencoba membandingkan dengan siswa yang menggunakan tas bagor atau bahkan siswa yang beratribut kalung buah ke sekolah, tentunya siswa tersebut akan terkesan tidak enak dipandang mata atau bahkan kumuh dengan atribut yang menempel di badannya. Seorang siswa tidak seharusnya berpenampilan seperti itu apalagi saat mereka akan pergi ke sekolah. Panitia MOPDB mendapat banyak saran dan masukan agar MOPDB tidak menjadi tradisi yang kurang baik untuk dilanjutkan. Pembina OSIS kita, Dra. Setyo Mulyaningsih juga menambahkan bahwa menggunakan tas karung bukanlah cara agar seluruh siswa terlihat “sama” tanpa status sosial kaya atau kurang mampu. Bu Setyo menyampaikan bahwa pada kenyataannya setiap orang pasti berbeda, setiap orang memiliki status sosial yang tidak sama. Jadi, setiap orang harus bisa menghargai, menghormati dan menerima perbedaan yang ada di sekitarnya.

By the way, MOPDB kali ini ada yang beda lagi lho. Setiap peserta membuat puisi yang ditulis untuk kakak OSIS. Isinya lucu-lucu. Mengocok perut. Selain itu, ada beberapa yang keren banget lhoo baca puisinya.

Least but not last, acara MOPDB diakhiri dengan pensi siswa kelas sepuluh yang kemudian dilanjutkan dengan pemilihan King and Queen MOPDB. Mm, tahun ini kelima finalis king and queen kita menampilkan sebuah drama yang bercerita tentang bagaimana kakak-kakak sidis OSIS yang sedang jatuh cinta. Cieee. Penasaran siapa king and queen yang terpilih? Well, King tahun ini adalah Bramassetyo Aji dari kelas MIA 4 dan Quennya yaitu Novana Kinanti Wulandari kelas MIA 2. Congratulation yaaa!

Nah, sepertinya cukup untuk berita MOPDB kali ini! Semoga tidak ada yang tertinggal ya! Congratulation for the ten grader and good luck! Sukses selalu! See you on the next MOPDB! (thali_a)