Workshop Pengembangan Kurikulum SMA N 7 Purworejo

Workshop Pengembangan Kurikulum SMA N 7 Purworejo

19-22 Desember 2011

Program peningkatan kinerja guru SMA N 7 Purworejo kembali diadakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk me-review kurikulum yang telah berjalan satu semester ini. Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan, Drs. H. Bambang Aryawan, M.M. Tentunya selalu ada perkembangan dan perubahan kearah yang lebih baik. Revisi-revisi dilakukan untuk program penyeragaman perangkat pembelajaran demi menuju ke system SKS yang akan berjalan. Kerja keras seluruh stakeholders SMA N 7 Purworejo terus dilakukan, tidak mengenal kata cepat puas dengan hasil yang dicapai. Workshop ini ada 3 jenis kegiatan, pengembangan kurikulum, ICT, dan e-learning.

Pengembangan kurikulum diampu oleh pengawas SMA, Bapak Drs. Soenarno. Kemudian dilanjutkan dengan review perangkat pembelajaran oleh waka kurikulum SMA N 7 Purworejo, Bapak Sadmo Widodo, S.Pd. Kemudian, masing-masing guru mapel berkumpul menjadi satu kelompok untuk memudahkan dalam berdiskusi. Kelompok guru muatan lokal, didatangkan narasumber dari luar, untuk muatan lokal Speaking, mendatangkan Ibu Titi Rochayah, M.Pd. dari UMP, kemudian muatan lokal Akuntansi mendatangkan dari Dinas Disperindag Purworejo, dan Bahasa Jawa mendatangkan ketua MGMP Bahasa Jawa Kabupaten Purworejo. Diakhir program, Bapak/Ibu guru diwajibkan mengumpulkan hasil review perangkat pembelajarannya dalam bentuk soft copy kepada sekolah.

Pada hari berikutnya, Pelatihan ICT dan E-learning diampu oleh 2 orang praktisi TIK, yaitu Suryadi, S.Kom dan Sopan Setiawan, S.Kom. Kegiatan ini dilakukan di dua tempat yakni di Lab TIK 1 dan Lab TIK 2. Materi yang diajarkan pun berbeda untuk di Lab TIK 1 adalah tentang media pembelajaran, sedangkan Lab TIK 2 tentang manajemen E-learning. Semangat antusias Bapak/Ibu guru dalam belajar teknologi computer sangat tinggi. Hal ini terlihat dari keaktifan beliau selama pelatihan berlangsung.